Tanda Dan Gejala Penyakit TBC Pada Anak Anak

Sebagai orang tua tentunya kita sangat khawatir jika anak mengidap penyakit TBC, oleh sebab itu sebagai orang tua kita sangat penting mengetahui tanda dan gejala penyakit TBC pada anak-anak. Untuk informasi lebih lengkap bisa anda baca dalam artikel ini.

Tanda Dan Gejala Penyakit TBC Pada Anak Anak

TBC (Tuberkulosisi) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis yang sangat mudah ditularkan melalui udara, yang manahal tersebut bisa terjadi ketika penderita batuk tidak ditutup. Hal tersebutlah yang menyebabkan penyakit TBC sangat menular dan rentan terjadi pada anak-anak.

Selain itu, anak-anak yang tinggal dalam lingkungan yang sama dengan penderita TBC, maka dalam waktu yang tidak lama anak anda juga akan ikut tertular penyakit TBC.  Jika para penderita TBC tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan benar, maka kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko kematia pada penderitanya.

Namun, hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan warga akan tanda dan gejala penyakit TBC. Maka dari itu sangat penting untuk kita mengetahui tanda dan gejala TBC terutama pada anak-anak. Ingin tahu apa saja tanda dan gejala tersbut ? simak ulasan berikut ini.

Tanda dan gejala penyakit TBC Pada Anak Anak

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala penyakit TBC pada anak yang sering diabaikan oleh para orang tua, dimana tanda dan gejala tersebut sebagai berikut :

  1. Batuk

Batuk menjadi gejala pertama yang sering terjadi dikalangan anak-anak. Biasanya batuk akibat TBC dan batuk akibat flu atau masuk angin pada anak-anak akan berbeda. Dimana perbedaan tersebut bisa anda lihat ketika anak sedang mengalami batuk.

Batuk TBC bisa terjadi karena sudah menyebabkan infeksi pada bagian paru-paru anak, kemudian batuk yang dikeluarkan bersifat basah dan tidak kunjung sembuh. Sedangkan batuk yang terjadi akibat filek akan sembuh dengan sendirinya dan tidak bersifat basah.

  1. Batuk Berdarah

Batuk berdarah merupakan tanda yang sangat jelas bahwa anak sudah terinfeksi penyakit TBC. Biasanya gejala ini terjadi akibat si anak ketika batuk tidak segera di tangani atau diatasi maka kondisi anak anda akan menjadi lebih parah.

Batuk berdarah bisa menyebabkan anak-anak merasa sangat sakit pada bagian dada. Dimana nyeri dada ini bisa terjadi akibat paru-paru kekurangan oksigen serta infeksi yang menyebabkan gangguan paru-paru dan juga pendarahan dalam organ pernapasan.

  1. Anak menjadi cepat lelah dan lemas

Selain batuk berdarah, penderita TBC juga akan sangat mudah lelah, lemas dan tidak bersemangat ketika diajak bermain. Hal ini sangat berbeda dengan anak yang sehat dan sedang aktif untuk bermain atau belajar. Gejala awal ini bisa disertai dengan batuk atau bahkan tidak disertai dengan gejala batuk.

  1. Berat Badan Menurun

Anak yang sudah terinfeksi penyakit TBC biasanya akan mengalami penurunaan berat badan yang sangat derastis. Meskipun anak makan dengan baik namun tidak bisa menyerap nutsrisi dengan baik.

hal ini terjadi pada anak-anak dengan usia dibawah lima tahu maka bisa menyebabkan tubuh anak menjadi sangat kurus akibat kekurangan gizi dan kegagalan pertumbuhan.

  1. Mengeluarkan Keringat Dimalam Hari

Penyakit TBC yang menyerang anak-anak bisa menyebabkan keluar keringat dingin pada malam hari. Kondisi ni bisa terjadi ketika anda sedang demam atau tidak demam sama sekali.

Keringat dingin pada malam hari biasanya disebabkan oleh infeksi dan perubahan sistem dalam tubuh anak. Pada umunya gejala ini sering diabaikan karena keesokan harinya anak akan terlihat biasa saja.

  1. Demam

Demam biasnya terjadi pada anak yang menderita TBC. Demam ini terjadi karena bagian tubuh anak sudah mengalami infeksi dari bakteri penyebab TBC. Jika TBC masih menyerang pada bagian paru-paru maka batuk yang tidak kunjung sembuh bisa membuat demam menjadi lebih parah. Demam bisa hilang jika anda memberikan anak anda obat penurun panas.

  1. Anak Mudah Murung Dan Marah

Anak yang terkena TBC juga bisa menjadi mudah marah dan sangat murung. Belum bisa diketahui secara pasti penyebab anak menjadi sangat rewel, namun kondisi tubuh bisa memperngaruhi suasana hati anak menjadi tidak nyaman.

Anak merasa sakit pada tubuhnya termasuk dengan batuk atau tidak. Jika hal ini terjadi pada anak bayi, maka bayi akan menjadi sangat rewal dan menangis terus-menerus.

  1. Tidak nafsu Makan

Selain tanda dan gejala seperti diatas, TBC juga bisa menyebabkan buah hati anda menjadi tidak nafsu makan atau bahkan sama sekali tidak mau makan dan minum susu. Hal ini bisa disebabkan karena tubuh tidak nyaman, sakit dan perasaan tidak lapar secara terus menerus. Jika anak anda terus menerus tidak mau makan atau minu susu, maka tubuh si kecil akan semakin lemah serta berat badannya pun akan turun.

  1. Sesak Nafas

Akibat batuk yang sudah parah bisa menyebabkan anak-anak mengalami gangguan pernafasan. Hal ini sering ditandai dengan anak yang sulit untuk bernafas atau sesak nafas. Sesak nafas ini menyebabkan anak kehilangan sistem yang baik dalam tubuh termasuk kekurangan oksigen.

  1. Nyeri Pada Semua Bagian Tubuh

TBC bisa menyebabkan tubuh buah hati menjadi sangat lelah dan sakit pada semua bagian. Rasa sakit bisa dikatakan sebagai perasaan nyeri yang tidak bisa ditahan lagi. Jika kondisi anak anda sudah seperti ini maka beberapa bagian tubuh anak akan menjadi sangat lemah dan mereka juga akan merasakan sakit pada bagian tubuhnya ketika disentuh.

Selain melakukan pengobatan secara medis, kini tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan pengobatan TBC alami dengan menggunakan obat herbal Gamat Emas Kapsul. Dimana obat herbal dari teripang emas ini depercaya mampu mengatasi dan mengobati berbagai jenis penyakit termasuk penyakit TBC.

Selain itu obat herbal dari teripang emas ini juga sangat cocok dan aman digunakan oleh semua usia mulai dari anak-anak, rejama, dewasa hingga lansia. Jadi tunggu apalagi ? segera atasi penyakit TBC dengan rutin mengkonsumsi obat herbal Gamat Emas Kapsul.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanda dan gejala penyakit TBC pada anak-anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

Post By : Obat Mata Berair Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*