Penyebab Mata Merah Dan Berair Pada Bayi

Bayi anda mengalami mata merah dan berair ? tahu kah anda bahwa penyebab mata merah dan berair pada bayi dapat disebabkan oleh infeksi jalan lahir, adanya sumbatan pada saluran air mata,akibat terkena bakteri dan virus. Ingin tahu lebih lengkapnya ? Simak informasi tersebut dalam artikel ini.

jika bayi tidak dijaga atau dirawat dengan baik, maka bayi akan rentan terkena penyakit. Salah satu anggota tubuh yang penting dan perlu dijaga dan dirawat adalah mata. Kenapa mata ? karena mata merupakan salah satu anggota tubuh paling vital dan jika mata terkena penyakit maka sipenderita akan kesulitan untuk melihat.

Penyebab Mata Merah Dan Berair Pada Bayi

Mata merah dan berair merupakan salah satu tanda bahwa mata bayi sudah tidak sehat dan terkena penyakit belekan. Belekan pada bayi sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti debu, bakteri ataupun terkena radiasi alat elektronik.

Maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa menjaga kesehatan mata bayi, karena mata sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi kelak. Pada dasaranya pertubuhan dan perkembangan bayi sangat cepat, maka orang tua akan sangat menyesal jika bayinya tidak bisa berkembang dengan normal karena disebabkan mata bayi kurang sehat.

Penyebab Mata Merah Dan Berair Pada Bayi

Bayi anda mengalami sakit mata merah dan berair ? ingin tahu apa saja penyebab mata merah dan berair pada bayi ? Simak ulasan berikut. Ada beberapa penyebab yang membuat mata bayi menjadi merah dan berair, dimana penyebab tersebut sebagai berikut :

  1. Infeksi Jalan Lahir

Proses persalinan yang lancar belum tentu menjadikan bayi aman dari infeksi jalan lahir. Infeksi jalan lahir bisa dideteksi setelah 12 jam kelahiran bayi tersebut, bahkan ada yang sampai 2-3 hari. Bayi yang ada dalam kandungan akan terlindungi oleh air ketuban yang selalu mensterilkan kumah sehingga bayi sangat aman dan terlindungi.

Namun, saat ketuban telah pecah atau pecah lebih awal dari yang seharusnya, maka bayi sudah tidak memiliki alat pelindung dari kuma dan bakteri. Dalam proses persalinan bayi melalui jalan lahir yang tentunya banyak kuman yang berasal dari organ tubuh sang ibu. Jalan lahir inilah yang memicu bayi terkena kuman dan pada akhirnya terkena infeksi.

  1. Adanya Sumbatan Pada Saluran Air Mata

Ada kemungkinan saat bayi baru lahir akan mengalami sumbatan air mata yang menyebabkan mata bayi terus berair. Penyumbatan ini disebabkan oleh sumbatan saluran air mata ke hidung oleh selaput hasner pada saat bayi lahir, sehingga mata bayi berair dengan tidak normal.

  1. Akibat terkena bakteri dan virus

Ketika akan menyentuh bayi kita harus berhati-hati, karena bayi belum mempunya sistem kekebalan tubuh, sehingga jika kita tidak mencuci tangan dan kemudian menyentuh bayi maka bayi akan sangat gampang terkena bakteri dan virus.

Maka dari itu setiap kita akan menyentuh bayi, sesering mungkin juga kita untuk mencuci tangan guna menghidari kuman dan bakteri yang akan menepel pada bayi.

  1. Akibat Terkena Debu

Masuknya debu kedalam mata kita atau orang dewasa saja sudah menyebabkan iritasi mata, apalagi jika debu tersebut masuk kedalam mata bayi bisa jadi mata bayi akan terkena infeksi. Debu yang masuk kedalam mata bayi bisa disebabkan karena tidak sengaja.

Debu bisa tedapat dimana saja baik itu ditempat tidur, ruangan ataupun jalana. Maka anda harus berhati-hati jika akan membawa bayi keluar atau pun dirumah.

Hal ini juga sangat berlaku pada saat menggunakan bedak untuk bayi, karena bisa saja butiran bedak tersebut terbang dan kemudian masuk ke selaput mata.

  1. Akibat Radiasi Alat Elektronik

Pada saat kita tengah menggendong bayi hindarilah penggunaan atau memegang alat elektronik. Karena paparan sinar radiasi yang berlebihan dari alat elektronik sangat tidak baik untuk kesehatan mata bayi, bahkan bisa memicu terjadinya infeksi. Radiasi sinar ultraviolet yang terdapat pada alat elektronik juga bisa memicu terjadinya infeksi pada mata bayi.

Cara Mengatasi Mata Merah Dan Berair Pada Bayi

Sakit mata pada bayi memang sangat mengkhawatirkan orang tua. Karena sakita mata pada bayi lebih berbahaya ketimbang sakit mata pada orang dewasa. Jika sakit mata pada bayi tidak ditangani dengan segera maka bisa menimbulkan sekit mata yang serius.

hal tersebut juga bisa menimbulkan kebutaan. Untuk mengatasi sakit mata pada bayi seperti mata merah dan berair, anda bisa melakukan cara seperti dibawah ini :

  • Harus Lebih Peka

Sebagai seorang ibu kita harus lebih pekat dengan kondisi kesehatan anak terutama pada organ penting seperti mata. Saat sedang memandikan bayi kita harus lebih berhati-hati agar air sabun atau ari biasa tidak masuk kedalam mata.

Jika mata bayi mengalami perubahan dari kondisi biasnya segera periksa mata bayi anda sendiri apakah bayi anda mengalami sakit mata yang ringat atau berat. Jangan sekali-kali menggunakan obat tetes mata untuk bayi.

  • Perhatikan Kebersihan Mata Bayi

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek keadaan mata bayi minimal sehari sekali. Lebih baik lagi jika anda mengecek mata bayi 3 kali dalam sehari agar mata bayi tetap terjaga kesehatannya.

  • Hindari Mata Bayi Kontang Langsung Dengan Debu

Jika sering keluar denga membawa bayi, maka berhati-hatilah dengan debu yang sering datang dan tidak terduga kapan debu tersebut akan datang. Untuk mencegah hal ini terjadi maka anda harus selalu siaga akan kondisi lingkungan.

  • Membersihkan Mata Bayi Dengan Kapas

Untuk mengatasi mata merah dan berair pada bayi akibat penyumbatan saluran air mata, kini anda bisa melakukan cara dengan membasahi kapas dengan air matang, lalu gunakan kapas tersebut untuk membersihkan dan mengompres mata bayi.

Baca Juga : Kenapa Lansia Sering Mengalami Mata Berair ?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab mata merah dan berair pada bayi serta cara mengatasinya. Bagi seorang ibu atau pengasuh bayi sangat perlu untuk mengetahui hal-hal ini agar mata bayi anda senantiasa terhindari dari bakteri dan virus. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Mata Berair Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*