Kenapa Lansia Sering Mengalami Mata Berair ?

Meski mata berair bisa menyerang siapa saja, tetapi Mata Berair ini lebih sering terjadi pada lansia. Lantas kenapa lansia sering mengalami mata berair ? Dan bagaimana cara untuk mengatasi mata berair tersebut . Simak ulasan berikut ini.Kenapa Lansia Sering Mengalami Mata Berair ?Sebelum kami memebahas informasi kenapa lansia sering mengalami mata berair, terlebih dahulu kami akan memberikan anda sekilas informasi mengenai mata berair itu sendiri.

Sekilah Informasi Mata Berair

Mata berair merupakan salah satu kondisi yang sangat umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang bisa saja mengalami kondisi tersebut ketika sedang mengiris bawang atau pun saat tertawa terbahak-bahak. Namun, ada beberapa orang yang mengalami mata berari secaa terus-menerus. Lantas apa penyebabnya ?

Dan berikut ini ada beberapa penyebab mata berair, dimana penyebab tersebut sebagai berikut :

  • Saluran Air Mata Tersumbat
  • Iritasi
  • Infeksi
  • Benjolan Yang Bisa Tumbuh Di Pinggis Kelopak Mata
  • Bulu Mata Tubuh Kedalam
  • Masalah Dengan Kelenjar Di Kelopak Mata ( Kelenjar Meibomain )
  • Sinusitis Kronis

Kenapa Lansia Sering Mengalami Mata Berair ?

Air mata memang berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. Namun, tidak jarang orang malah mengalami produksi air mata yang berlebihan sehingga membuat mata berair secara terus-menerus. Hal seperti ini sering terjaid pada lansia. Tentu saja, kondisi ini membuat penglihata terganggu bahkan menjadi tidak nyaman.

Mata berair sering kali dialami oleh orang yang telah berusia lebih dari 60 tahun. Air mata yang dikeluarkan tidak seperti saat sedang tertawa atau menguap, tetapi mata berair pada lansia akan terjadi secara terus-menerus. Biasanya mata berair sering disebabkan oleh infeksi dan alergi.

Namun, ada penyebab lain yang lebih sering menimbulkan kondisi ini, yaitu mata yang kering. kenapa mata kering ? Karena pada saat kita mengalami mata kering maka mata akan merangsang produksi air mata secara berlebihan.

Orang-orang lanjut usia memang sering mengeluhkan kodisi mata yang kering dan akhirnya membuat mata mereka menjadi berair terus-menerus. Kenapa hal ini terjadi ?

Karena kelenjar meibom yang berada dibelakan kelopak mata, bertugas untuk menghasilkan zat berminyak guna membantu mata agar tetap lembab. Saat kelenjara meibom mengalami peradangan atau yang dikenal dengan meibomian gland dysfuncition ( MGD ), maka mata tidak bisa terlumasi secara optimal yang akihnya membuat mata menjadi kering. Nah, disinlah air mata tambahan mulai diproduksi lebih banyak dibandingkan biasnya.

Penyebab Mata Berair Yang Terjadi Pada Lansia

Semakin meningkatnya usia biasanya kondisi kelopak mata bagian bawah juga akan semakin menurun. Hal tersebut akan menyulitkan air mata untuk ” mengalair ” di jalur yang tepat menuju lubang air mata ( puncta ) sehingga air mata menumpuk dan terlihat seperti mata berair.

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan mata berair pada lansia diantaranya :

  • Infeksi kornea mata
  • Luka terbuka pada korena mata ( ulkus kornea )
  • Alergi
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Ditandai dengan munculnya masalah kesehatan, seperti penyakit tiroid

Cara Untuk Mengatasi Mata Berair Pada Lansia

Kondisi mata berair pada lansia bisa diatasi atau diobati sendiri di rumah dengan beberapa cara mudah seperti dibawah ini :

  1. Istirahatkan Mata

Jika mata berair datang secara tiba-tiba, sebaiknya hentikan pekerjaan yang sedang anda lakukan untuk sementara waktu, baik itu menonton tv, membaca buku dan lain sebagainya. Sebagai gantinya, beristirahatlah sejenak dengan memejamkan mata anda.

  1. Kompres Mata

Mengopres mata bisa menjadi salah satu jalan alternatif yang tepat untuk mengatasi mata kering. Caranya, cukup dengan membasahi kain dengan menggunakan air hangat lalu meletakannya diatas mata, sembari di pijat secara perlahan bagian kelopak matanya.

  1. Menggunakan Obat Mata Berair Alami

Produk air mata yang berlebihan biasanya dipicu oleh kondisi mata yang kering. Maka dari itu, sebelum mata anda terus-menerus berair, ada baiknya untuk anda mengekonsumsi obat mata berair alami dengan Walatra Sehat Mata Softgel. Mengapa kami merekomendasikan obat tersebut ?

Karena obat ini terbuat dari 100% bahan alami tanpa menimbulkan efek samping, sehingga  sangat aman dan cocok untuk dikonsumsi semua kalangan baik anak-anak hingga lansia. jadi tunggu apalagi ? segera atasi mata berair anda secapatnya dengan obat mata berair alami.

Selain bisa mengobati mata berair, obat ini juga bisa mengatasi, mengobati bahkan sampai menyembuhkan penyakit mata lainya. jadi jangan salah pilih karena hanya Walatra Sehat Mata Sofgel solusi atasi penyakit mata.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Perih Dan Berair Akibat Softlens

Itulah informasi mengenai kenapa lansia sering mengalami mata berair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel ini.

~ Selamat Mencoba, Semoga Lekas Sembuh ~

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*